.


 

Telkom Meluncurkan Produk Qbaca

 

Bersamaan dengan Penganugerahan Indigo Fellowship 2012 di Teluk Jakarta, Telkom Group juga meluncurkan produk terbarunya, yaitu Qbaca.

Qbaca merupakan ekosistem buku digital. Di dalam Qbaca, terdapat:

  1. Koleksi buku-buku digital dari berbagai penerbit, baik buku gratis maupun buku berbayar
  2. Toko tempat melakukan pembelian dan pembayaran buku. Saat ini pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, Internet Banking, dan SMS Banking.
  3. Rak buku tempat meletakkan buku-buku yang telah dibeli atau diunduh gratis
  4. Reader tempat mebaca buku-buku secara nyaman, dengan fasilitas pengubahan ukuran dan jenis huruf.

Aplikasi Qbaca untuk Android dapat diunduh dari Google Playstore, dengan kata kunci Qbaca. Versi iOS dijadwalkan akan siap pada Desember tahun ini.

Dalam sambutan peluncuran, EGM Divisi Multimedia Achmad Sugiarto menyampaikan bahwa Qbaca membawa dua misi besar, yaitu memperkuat pendidikan nasional melalui pengadaan fasilitas buku-buku pendidikan yang mudah diakses; serta memperkuat budaya membaca, menulis, dan berinteraksi digital kepada komunitas-komunitas di Indonesia.
 
Sebelum ada Qbaca, ada concern dari beberapa penerbit buku bahwa mereka sudah mencobai produk-produk buku digital yang ada di Indonesia. Namun minat masyarakat dan revenue yang dihasilkan masih kecil. Qbaca memilih format EPUB3, sehingga buku-buku akan lebih nyaman dibaca, baik di layar smartphone yang kecil maupun di layar tablet yang lebih lebar; dengan fasilitas pengubahan ukuran dan jenis font, dan setting lain.
 
Tapi format EPUB3 digunakan bukan hanya karena soal kenyamanan. Format ini juga memungkinkan konten-konten seperti gambar, animasi, video, dan konten interaktif untuk dimasukkan ke dalam kemasan e-Book. Jadi Qbaca akan dikembangkan sebagai platform dalam pengemasan dan pemasaran konten-konten digital berukuran kecil. Dalam hal ini, Qbaca menjalankan salah satu misi Telkom Group untuk menumbuhkan budaya digital di Indonesia melalui pengembangan dan promosi konten-konten melalui inkubasi dan partnership.
 
Jadi, Qbaca Itu Apa?

Qbaca adalah perangkat bagi kita yang mencintai buku, untuk dapat selalu membawa semua buku kesayangan kita, berapapun jumlahnya, untuk dibaca di mana saja dan kapan saja, tetap dalam kenyamanan dan keakraban membaca buku.

Qbaca adalah ruang pendidikan dan pengajaan, tempat bukan saja buku-buku pendidikan disimpan untuk mudah diakses dari mana saja, tetapi juga interaksi pendidikan (lembar kerja, kuis, eksperimen) dapat diciptakan hidup di atas buku-buku digital.

Qbaca adalah perangkat bagi kita yang menggemari budaya digital, agar dapat memanfaatkan gadget untuk mengeksplorasi berbagai informasi dan gagasan secara lebih mendalam daripada sekedar kicauan media sosial.

Qbaca adalah ekosistem yang menggerakkan penulis buku, penerbit buku, pencipta konten digital, kreator visual, komunitas penggemar buku, hingga penggemar gaya hidup digital untuk berkolaborasi menciptakan nilai hidup baru buat bangsa yang lebih baik dan lebih keren.

Pranala-Pranala