.

Fenomena Ekonomi Digital

Kemajuan teknologi informasi semakin hari semakin meningkat saja. Perkembangannya yang begitu cepat telah berhasil membawa ekonomi dunia ke arah fenomena "Ekonomi Digital". Kenapa tidak? Proses ini disebabkan oleh perubahan sikap/perilaku masyarakat dunia saat ini yang mulai menggunakan media internet untuk melakukan segala aktivitas perdagangan atau kegiatan perekonomian lainnya. 

Seperti apa yang dikatakan oleh Amir Hartman, definisi digital economic is the virtual arena in which business actually
is conducted, value is created and exchanged, transaction occur, and one-to-one relationship mature by using any internet initiative as medium of exchange. 
 
Jadi, inti dari era ekonomi digital adalah bisnis di masa yang akan datang dan adanya pemenuhan permintaan pasar. Jika dipolakan akan nampak seperti diagram berikut (diambil dari http://srikandiindonesia.wordpress.com):
 
 
Ya! Internet tidak hanya mampu mengubah cara orang berkomunikasi, tetapi juga sukses mempengaruhi the new economic era. Dengan perbedaan jarak (wilayah, ruang, tempat, waktu dll) siapapun dapat tetap terhubung satu sama lain, cepat, mudah, dan efektif. Inilah sumbangsih internet kepada peradaban dunia!