.


 

Telkom CS Karawang – Intel Semarakkan Apreciation Day

Provider internet terdepan di Indonesia, Telkom berkolaborasi dengan perusahaan chip terbesar, Intel, dalam menyelenggarakan Hinterland. Program Hinterland merupakan kegiatan edukasi internet dan komputer kepada masyarakat Indonesia, untuk kali ini Telkom dan Intel menggelarnya di Apreciation Day bagi para perwakilan pelajar terpilih mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang berada di Karawang. Acara digelar selama tiga hari mulai Rabu (22-23 dan 26/6), bertempat di Gedung OPMC Jl.Tuparev, Karawang.

Acara ini mendapat respon yang cukup bagus dan antusias dari para peserta. Manager CS Area Karawang, Muhammad Najib, mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan memaparkan pengenalan seputar kegunaan dan manfaat positif internet sesungguhnya. Lebih dalam M.Najib menjelaskan, bila dibandingkan dengan beberapa negara berkembang lainnya, jumlah pengguna internet di Indonesia masih tergolong rendah. Jumlah ini bukan dalam artian jumlah pengakses jejaring sosial.

"Untuk itu, Telkom menggandeng Intel sebagai relasi dalam program nasional ini dan Telkom telah menyiapkan akses layanan Speedy internet bagi para pelanggan, sekaligus Intel menjadi PC yang memberikan program cukup bagus. Kegiatan ini sebelumnya sudah digelar di beberapa kabupaten seperti Sukabumi, Serang, dan Purwakarta,” imbuhnya. Di sisi lain, M.Najib mengatakan bahwa Telkom sudah menyiapkan penyelenggaraan layanan IPTV sebagai area bisnis baru yang sangat menjanjikan. Untuk masyarakat Karawang, layanan ini sudah dapat dinikmati melalui satu kabel Telkom dengan 3 fungsi di antaranya: TV, Telepon dan Internet. Infrastruktur Telkom sudah disiapkan dalam menyelenggarakan akses triple play, terkait sambungan suara, data broadband dan multimedia, termasuk TV internet.

Sementara itu, Kepala UPTD Kurikulum dan Kesiswaan, Muhrodi Surozi, menyampaikan tentang penetrasi internet di Indonesia. Disamping itu, para pengguna internet mengaksesnya kebanyakan melalui HP bukan PC. Padahal sebenarnya pengguna internet Speedy melalui PC lebih banyak manfaatnya dan lebih banyak tingkat positifnya. Telkom memberikan program school.net yaitu tarif murah untuk internet sekolah agar lebih murah dan para pelajar sudah seharusnya menggunakan internet dalam belajar. Dengan mengakses internet, kita akan tahu dunia luar seperti apa. Dari data yang ada, 869 sekolah di Karawang sudah menggunakan layanan internet.
 
Di kesempatan yang sama, para siswa/i diajak ke Plasa Telkom untuk kegiatan Experience Zone & Game Edukasi. Di sini para peserta diperkenalkan layanan teknologi IPTV Telkom. Dalam kesempatan itu disampaikan bahwa warga Karawang sudah bisa menikmati siaran TV yang menggunakan jaringan internet, yang sebelumnya sudah diuji coba pada lima kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Denpasar, dengan hasil yang memuaskan.
 
Kegiatan ini juga diwarnai oleh sosialisasi dan penawaran produk dari Zyrex. Dalam kesempatan ini Zyrex menawarkan harga diskon Rp.300 ribu hingga Rp.500 ribu. Untuk harga pilihan di antaranya; Zyrex Ellipse LE4541 6100 yang ditawarkan kurang dari Rp.4 juta, mendekati harga Notebook. Branch Manager Zyrex, Mario Bidiono, mengatakan bahwa promo ini dapat mempermudah masyarakat mendapatkan Notebook murah yang berkualitas tanpa mengurangi item yang ada. Zyrex yang bekerjasama dengan Intel juga bagian dari CSR Intel.
 
Di hari kedua, dilakukan Seminar Guru & komunitas agriculture untuk para guru teladan di Karawang dan beberapa perwakilan guru dari berbagai SLTP dan SLTA. Seminar ini menghadirkan pembicara dari Telkom dan Intel, di antaranya Sunar Widodo dari Telkom. Ia memberikan materi seputar perkembangan dunia internet saat ini dan Pembelajaran Abad 21 Tantangan dan Kesempatan, dilanjutkan pemberian sertifikat. Puncak rangkaian acara diwarnai dengan Jalan Santai & Fun Walk bersama masyarakat Karawang. Kegiatan dimulai pukul 05.00 wib, bertempat di lapangan Karawang-Pawitan. Acara ini berjalan dengan lancar dan mendapat respon yang tak terduga dari masyarakat.

Tujuan Telkom Indonesia dan Intel menggelar kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan intenet kepada semua lapisan masyarakat dan para pengusaha agrobisnis agar lebih dekat dan mengenal, terlebih lagi mengetahui kegunaan serta manfaat internet itu sendiri. "Internet tak hanya digunakan untuk kepentingan sendiri namun bisa untuk kepentingan orang lain. Antusias peserta di hari pertama, kedua hingga puncak acara, sangat bagus bahkan di luar dugaan. Terlihat jelas keinginan mereka untuk mengenal apa itu internet,” ungkap M.Najib. Panitia awalnya menargetkan 500 peserta, namun yang ikut serta mencapai 3000 orang. Sementara itu Drs.H.Ade Swara, MH. selaku Walikota Karawang menyampaikan kepada masyarakat Karawang untuk bersama menyatukan tekad dalam pengelolaan layanan internet Speedy dari Telkom Indonesia, guna membangun generasi yang cerdas dan sehat. ***SS/KWA