.


 

Peserta Terbaik Speedy Einstein untuk APhO 2016

 

Inilah 3 Peserta Terbaik Speedy Einstein untuk APhO 2016

 

 

Sesuai dengan komitmen Telkom “Membangun Indonesia Cerdas”, Telkom bekerjasama dengan Surya Institute dengan mensponsori 14th Asian Physics Olympiad (APhO). 

APhO merupakan kompetisi fisika bergengsi untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tingkat internasional yang diikuti 13 negara dan diselenggarakan mulai tanggal 5 Mei sampai dengan 13 Mei 2013.

Tim Indonesia berhasil mencapai target 2 medali emas dalam ajang APhO 2013 yang dilaksanakan di Nusantara Polo Kranggan Sentul Cibinong, Bogor. Kedelapan peserta berhasil menyumbangkan 2 medali emas, 2 medali perak, 2 medali perunggu dan 2 honourable mention yang diberikan langsung Peraih Nobel Physic, David Gross, Sabtu 12 Mei 2013.

"Himawan Wicaksono Winarto dari SMA Katolik St. Agustinus, Malang, dinobatkan sebagai absolute winner. Ia meraih satu medali emas dan juga gelar best male participant serta gelar terbaik dalam tes eksperimen," ujar Corporate Communication Surya Institute, Grace Natali di Jakarta, Minggu (12/5).

Selain Himawan, tambah Grace, Josephine Monica dari SMAK Penabur Gading Serpong meraih gelar best male participant dan mendapatkan 1 medali emas. Sementara itu, dua medali perak disumbangkan oleh Kristo Nugraha Lian dari SMAK Penabur Gading Serpong dan Aryani Paramita dari SMAK 3 Penabur Jakarta.

Selanjutnya, dua medali perunggu diraih oleh Andramica Priastyo dari SMA Taruna Nusantara Magelang dan Justian Harkho dari SMA Santo Petrus Pontianak. Sedangkan, honourable mention diraih Ryan Vitalis Kartiko dari SMA Katolik Rajawali Makasar dan Fidiya Maulida dari SMAN 1 Pamekasan

Pada penutupan APhO 2013 pada Minggu tanggal 13 Mei 2013 diumumkan juga 3 peserta terbaik dari 50 peserta Speedy Einstein untuk APhO 2016 di Hong Kong. Peserta yang terpilih yaitu:

Juara 1 Andrew Wijaya dari SMP Santa Angela Bandung dengan mendapat medali emas + uang tunai 15 juta;

Juara 2, Taufiq Murthado dari SMP 8 Bandung dengan mendapat medali perak + uang tunai 12 juta;

Juara 3, Muhammad Alfiyandy Hariansyah dari SMP 2 Jember dengan medali perunggu + uang tunai 1,5 juta. 

 

Selain itu diberikan penghargaan juga kepada 3 Juara Harapan yaitu:

Harapan 1, Fikri Hikari dari SMPN 20 Jember mendapat hadiah uang tunai sebesar 7,5 juta rupiah;

Harapan 2, Dhanika dari SMPN 5 Probolinggo dengan hadiah uang tunai sebesar 5 juta rupiah;

Harapan 3, Timothy Antoni dengan hadiah uang tunai sebesar 2,5 juta rupiah. Hadiah tersebut diserahkan langsung oleh peraih nobel Fisika David Gross.